Sekaligus Bisa untuk Pembangkit listrik

Jika tidak molor, Kota Delta segera memiliki sistem pengolahan sampah lebih modern. Sinyal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan. proyek sanitary liandfill di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jabon mulai dibangun pada April.

Rencana tersebut tertuang dalam surat Kementerian PUPR yang dikirim ke Pemkab Sidoarjo pada 29 Januari 2018 lalu. Surat itu ditandatangani Direktur Jenderal Cipta karya Kementerian PUPR Sri Hartoyo. “Kami sudah terima suratnya dan telah kami sampaikan kepada Pak Bupati,” kata Sekda Sidoarjo Achmad Zaini.

Dalam surat tersebut ditegaskan, proyek pembangunan sanitary landfill saat ini sudah dilelang. Kementrian PUPR yang akan memfasilitasi pembangunannya. Alokasi anggrannya sekitar Rp 250 miliar.

Kementerian PUPR juga menyebutkan. Pemkab Sidoarjo bisa membangun pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) di kawasan tersebut.

“Pembangunan sanitary landfill ini bisa beriringan dengan PLTSa. Karena itu Kementrian PUPR menyarankan kepada kami untuk segera melakukan proses KPBU (kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha, red),” terang Zaini.

Kabar baik tersebut disambut positip oleh kalangan legislatif. DPRD Sidoarjo mendorong eksekutif sgsr segera menindaklanjuti keputusan dan saran dari pemerintah pusat itu. “ini tentu sesuatu yang sangat positip. Sanitary landfill memang harus direalisasikan. Sebab, semua proses sudah dilaui, tidak terkecuali penyediaan lahan,” ujar Ketua Fraksi PKS-Nasdem DPRD Sidoarjo Aditya Nindyatman. Dia pun berharap pada April nanti proyek pembangunan tersebut sudah benar benar dimulai. “Soal PLTSa itu bisa dibicarakan kemudian. Yang terpenting, sanitary landfill ini jalan atau terealisasi dulu.” tegas Aditya.

Untuk diketahui, pengelolaan sampah dengan sanitary landfill adalah jenis yang paling umum di banyak negara. Banyak TPA yang mengunakan metode tersebut. Alasan utamanya adalah pengoperasiannya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan sejumlah opsi yang ada. Salah satu  yang sudah menerapkan sistem sanitary landfill adalah TPA Bantar Gebang, Bekasi. (fim/c7/hud)

Sumber: Jawapos, 19 Februari 2018 Halaman 31

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *